MENULIS DAN MEMBACALAH SEBELUM ANDA BICARA.

Posted on 10 Januari 2009. Filed under: Opini Bebas |

teratai0406br15Beberapa teman bertanya kesaya, “…Mas tras, gimana caranya supaya gaya bicara saya di sukai orang lain..” yaah meskipun saya bukan seorang pembicara ulung setidaknya saya bisa merasakan bagaimana rasanya bila gaya bicara kita tidak disukai orang lain, periiiiiiiiih…. Padahal topik yang dibicarakan sangat penting bahkan kita menganggapnya sangat menarik, lalu kenapa orang malah ngantuk atau pergi bila anda membicarakannya…? Disela-sela kesibukan saya di kantor, saya coba menyempatkan diri menulis beberapa tips menjadi pembicara yang disukai orang lain,,,

menurut saya hal pertama yang harus anda kuasai sebelum berbicara adalah mengenali siapa yang sedang anda ajak bicara, siapa audiensnya…! Bila anda sering mengikuti seminar-seminar motivasi coba perhatikan timing (waktu) yang diatur kapan si motivator tampil, biasanya motivator selalu tampil beberapa waktu setelah pembicara lainnya tampil. Nah taukah anda apa yang dilakukan sang motivator dibelakang panggung sebelum tampil, dia sedang mengumpulkan informasi dari stage crew / panitia acara tentang siapa audiensnya, sesekali sang motivator biasanya melihat lewat tempat yang tidak terlihat oleh audiens, so’ begitu motivator naik stage dia sudah tau apa yg akan dilakukan pertamakali sebelum berbicara, mungkin dengan meminta audiens merapat ke posisinya, atau mengawali pembicaraan dengan sebuah anekdot,joke-joke atau mungkin mengawalinya dengan sebuah permainan, semua tergantung dari hasil pengamatannya di belakang panggung. Jadi tidak ada pilihan lain selain mengenali audiens anda sebelum berbicara didepan publik.

Jika tadi itu tips nomor satu, maka tips nomor 2 adalah anda harus suka membaca..!!!, tips nomor 3 anda harus suka membaca..!!!, tips nomor 4 anda harus suka membaca..!!!, dan tips nomor 5 anda harus terbiasa menuliskan apa yang terlintas difikiran dan perasaan anda, tuliskan dengan bahasa yang anda sukai kemudian baca baca dan baca tanyakan pada diri anda apakah tulisan anda enak dibaca.

Okey, sekarang saya akan beritahu anda bagaimana cara menumbuhkan hoby baca tulis agar dapat menjadi pembicara yang baik. Caranya mudah anda cukup menjadi blogger, kenapa harus blogger? Karena blogger adalah sekelompok orang yang hobby baca tulis, diharapkan berkumpul dengan mereka anda bisa ketularan hobbynya. Mudah bukan,,, namun demikian saya sangat menyadari bahwa ngeblog itu tidak semudah yang dibayangkan perlu ketekunan,keuletan dan biaya (untuk akses internet) agar dapat menikmati indahnya bloging, tapi coba lihat mereka yang sudah sukses ngeblog seperti Ooi Chuan Aun yang lebih dikenal dengan Jeff Ooi dia adalah salah satu blogger sukses dari Malaysia, dengan blognya Screenshots , Jeff Ooi sukses memanfaatkan kekuatan blog untuk mendobrak kekangan pemerintah Malaysia terhadap surat kabar dan media tradisional lainnya.

Jeff juga mencetak sejarah sebagai salah satu individu yang meniti jenjang karir politiknya melalui blog. Tergabung dalam partai oposisi DAP, Jeff Ooi berhasil memenangkan kursi parlemen pada Pemilu di Malaysia, Maret 2008 lalu. sebenarnya masih banyak lagi blogger sukses lainnya yang telah mendapatkan lebih dari sekedar yang diharapkan.

Kembali ke masalah biaya akses internet saat ngeblog, untuk meminimalisir biaya akses internet saat belajar ngeblog silahkan loncat kesini untuk mendownload cara membuat blog dan loncat kesebelah sana untuk cara mempromosikannya,selanjutnya anda baca dikomputer anda yang tidak memerlukan koneksi internet, hemat bukan…?Atau bagi anda yang tidak direpotkan dengan biaya koneksi internet bisa belajar langsung dengan guru blog baik hati yang pernah saya kenal namanya kang rohman dan mas fatih silahkan temui mereka dimari dan disono.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “MENULIS DAN MEMBACALAH SEBELUM ANDA BICARA.”

RSS Feed for Blog Pejuang Comments RSS Feed

[…] baca tulis adalah proses menumbuhkan kemampuan lisan yang handal seperti yang di katakan rekan saya disini nah bangsa ini khususnya kota cantik kita ini sangat miskin baca tulis sehingga sulit sekali […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: