Ini tentang weton

Posted on 4 Desember 2009. Filed under: Opini Bebas |

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan saudara-saudara saya di perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tanpa sengaja pembicaran kami mengalir sampai pada topik ‘weton’ atau hari lahir, meskipun saya bukan berasal dari suku jawa namun setahu saya dalam tradisi suku jawa weton atau hari lahir ini menentukan karakter seseorang, perbincangan pun dimulai dari weton selasa pon, saya yang minim pengetahuan tentang dunia perwetonan menjadi tertarik untuk mendengarkan perbincangan malam itu. Bagi kami warga Persaudaraan Setia Hati Terate sudah dapat dipastikan mengetahui wetonnya masing-masing namun bagi saya pribadi memang tidak tahu banyak tentang karakter yang dibawa weton.

Kembali ke weton selasa pon
dari perbincangan malam itu saya coba tarik benang merah tentang weton selasa pon, tapi sebelumnya mohon pembaca untuk tidak menjadikan ini sebagai landasan berfikir karena bagaimanapun tradisi tetap saja tradisi yang mungkin akan sedikit bertentangan dengan ideologi kita di zaman yg serba modern ini.

Hailah..basa-basinya kebanyakan Ya ?
Jadi gini, seseorang dengan weton selasa pon identik dengan cara berfikir yg keras bebas dan tidak teratur ia cenderung membenci proses, baginya hasil akhirlah yang menjadi penentu sedangkan proses hanya bagian-bagian kecil yang mestinya bisa dilewati dengan mudah. Kebiasaannya dalam berolah fikir acapkali menjadikannya manusia yang sedikit ‘aneh’ karena otaknya sangat sensitif dalam merespon segala ucapan dan prilaku orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu seseorang dengan weton selasa pon lebih suka menyendiri dan asyik dengan kehidupannya sendiri bahkan tidak sedikit yang kemudian bersikap egois, hal ini mungkin sebagai upaya untuk menghindarkan dirinya dari rangsangan eksternal yg akan memaksa otaknya berfikir, namun dilain sisi ia akan melupakan segalanya saat ia mulai berfikir atas kehendaknya sendiri (rangsangan internal), ia menumpahkan segala fikirannya dalam angan-angan dan atau memuntahkannya dalam tulisan.
Hal yang tidak bisa dipisahkan dari seseorang dg weton selasa pon adalah pemikirannya yang keras dan keinginannya yang menjulang tinggi, dua faktor inilah yg membuatnya tampak menjadi sosok mandiri penuh semangat, berkarakter tegas dan memiliki aura kewibawaan.

Namun ada kelemahan yang sangat fatal bagi orang2 dengan weton selasa pon, yaitu… Eh tapi besok aja ya.. Saya mo kerja dulu..hehehe…

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

3 Tanggapan to “Ini tentang weton”

RSS Feed for Blog Pejuang Comments RSS Feed

uraikan yg jelas jgn bgayaan…ji,

H. Trasmianto, said:

ikam sudah di tanah air kah ji ? Baelang lagi ji lah kaina ada ja lanjutan tulisannya ni unda masih haur lawan H.Wahab di HBI

bagaimana dgn kamis pahing…hk hk..pgen tau jg kan blh..

____________
Trasmianto, said:

karakter kamis setahu saya adalah lawan dari karakter selasa jadi tinggal nyari lawan katanya aja🙂. Tp maaf sebelumnya skdar info dalam tradisi kuno yg tdk sy percayai (krn berbau khurafat) selasa dan kamis katanya tdk bs di satukan dlm ikatan rumah tangga, lbh tepatnya selasa pon dan kamis kliwon😦 wallahualam bi syawab.

[…] Masih Tentang Weton Desember 5, 2009 at 8:11 am | In Opini Bebas | Leave a Comment Tags: cinta, hati, janji, kekerasan, kelembutan, manusia, SH Terate, sosok, weton Pada tulisan sebelumnya saya membahas segala kelebihan dan kekurangan seseorang dengan weton selasa pon, agar tidak terjadi salah penafsiran dan menganggap tulisan saya ini berbau khurafat maka saya sarankan anda membaca dulu tulisan saya sebelumnya disini. […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

